Rabu, 09 Mei 2012
Semarang Menuju Kota MICE
Hasil penelitian mengenai daya tarik kota Semarang sebagai ibu kota Jawa Tengah bila perencanaan dan tata kota dilakukan secara konsisten. Maka yang menyebutkan daya tarik budaya sebanyak 36%, religi sebanyak 28%, pantai 20%, alam 12%, lainnya seperti tempat hiburan 4%. Tempat yang lebih banyak dikunjungi adalah wisata religi, budaya, pantai dan alam, lainnya seperti awang Sewu, Kota Lama, Sam Po Kong atau sejarah serta tempat makam. Dalam sektor bisnis terkait kegiatan MICE kegiatan dalam bentuk festival sebesar 40%, pameran 30%, pagelaran 13,3%, budaya 13,3 %, road show 3,34 %. Tempat pelaksanaan terbanyak di tempat terbuka 52,63 %, mall 31,58 % dan hotel 10,52 %. Jejaring di Kota Semarang di dominasi swasta 29,41 %. Hal ini mengindikasikan bahwa kegiatan atau event yang diselenggarakan melibatkan pihak swasta. Situasi pasar berkaitan dengan produk, tempat, harga, promosi dan lainnya. Yang menekankan harga sebesar 22,22 %, produk 22,22 %, promosi sebesar 22,22%, sedangkan tempat 16,66 %. Hal tersebut menunjukkan wisatawan melihat hasil karya dimana mereka berwisata, selanjutnya melihat berapa harganya serta bagaimana promosinya.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar